Ads (728x90)


Muhamad Fawaid anggota komisi B Jatim
SURABAYA ( Media Bidik ) - Kalangan Anggota DPRD Jawa Timur mendesak Pemerintah untuk menjamin ketersediaan pupuk bagi petani guna mewujudkan program swasembada pangan  di Jawa Timur. 

Menurut anggota Komisi B Bidang perekonomian DPRD Jawa Timur Muhammad Fawaid, Provinsi Jawa Timur sebagai lumbung pangan nasional seringkali dihadapkan pada persoalan sulitnya mendapatkan pupuk bagi petani terutama di saat musim tanam, dan persoalan ini seolah menjadi tradisi karena berlangsung sejak lama.

"Kelangkaan pupuk yang sering diributkan akhir-akhir ini sebenarnya sudah berulang terjadi pada setiap musim tanam awal tahun, ternyata Persoalannya  masih sama,Petani tidak bisa memperoleh pupuk ketika ingin menanam, kan aneh," terang Fawaid. 

Ditambahkan Fawaid, seharusnya program swasembada pangan yang digencarkan oleh Presiden Jokowi harus diikuti dengan kemampuan pemerintah dalam penyediaan pupuk, bibit, dan sarana produksi, sehingga tidak ada lagi laporan mengenai sulitnya petani mendapatkan pupuk. Sebab itu ,Politisi dari Fraksi Gerindra ini meminta pemerintah pusat  supaya turun tangan atas persoalan yang menyangkut para petani ini.

"Tidak menutup kemungkinan, jika hal itu terus dibiarkan, dampaknya bisa menganggu produksi petani dalam swasembada pangan nasional, serta yang perlu di tegaskan oleh pemerintah agar menindak tegas jika menemukan mafia pupuk yang bermain-main yang menyebabkan terjadinya kelangkaan pupuk,"tegasnya.( rofik )

Post a Comment