Skip to main content

Dispora Surabaya Siapkan Anggaran 10 Milliar Untuk Memperdayakan Pemuda

SURABAYA (Media Bidik) - Anggaran sebesar Rp10 miliar telah disiapkan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya untuk anggaran kepemudaan di tahun 2016. Jika pada tahun 2015, anggaran kepemudaaan telah disiapkan sebanyak Rp.8 miliar, maka penambahan anggaran sebesar Rp2 milliar ini, nantinya terfokus untuk sosialisasi penanggulangan HIV/AIDS , serta pembentukan satuan tugas (Satgas) anti Narkotika yang bersinergi dengan  Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Surabaya. Harapannya, para pemuda ini nantinya bisa berada di garda terdepan dalam pemberantasan narkotika.

Hal tersebut diungkapkan oleh Afghani Wardhana selaku Kepala Dispora Surabaya saat ditemui di ruangannya pagi tadi (1/12). Pada tahun ini sosialisasi ditekankan untuk pembinaan mental remaja, seperti pengembangan pemuda wirausahawan, pemuda pelopor, sosialisasi pemahaman bahaya narkotika dan kenakalan remaja, serta pembentukan pemuda relawan bencana. Dengan cara seperti itu diharapkan ada kenaikan yang positif pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun berikutnya.

Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Kota Surabaya, Samsul Bahri Nusri menjelaskan, total jumlah pemuda yang ada di Kota Surabaya sekitar 800 ribu jiwa. Hal tersebut merupakan jumlah yang cukup banyak. Apabila pemuda tersebut nantinya tidak difasilitasi dan diarahkan, maka dikhawatirkan akan menjurus ke hal negatif. Tugas Dispora adalah menfasilitasi para pemuda potensial, salah satunya dengan mengadakan berbagai event seperti sosialiasi dan mencari bibit unggul seperi pemuda wirausaha dan pemuda pelopor yang mampu menginspirasi. "Melalui berbagai event kepemudaan, diharapkan mampu  mencari pemuda pelopor yang mampu dijadikan inspirasi bagi segala pihak," imbuh Samsul.

Samsul juga memberikan contoh, seorang pemuda pelopor yang masih berstatus mahasiswa Universitas Airlangga yang mampu menginspirasi dengan cara mengajar mengaji masyarakat miskin kota dan mereka yang terpinggirkan. Mulai, pemulung, anak jalanan, pengamen, hingga mantan pekerja seks komersial (PSK) yang berlokasi di stren sungai jagir. "Kami terkadang melakukan jemput bola kepada para peserta pemuda pelopor, maklum orang-orang yang mengispirasi ini terkadang enggan untuk mendaftar. Selain itu kamu juga menyebarkan informasi melalui leafet yang ditempatkan di Kecamatan, kelurahan serta balai milik warga yang tersebar di seluruh Kota Surabaya," imbuh pria alumnus Unirversitas Airlangga ini.

Selain itu, sesuai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM) Dispora melakukan target pelatihan sebanyak 1200 pemuda per tahun. Pelatihan pemuda ini nantinya juga bersinergi dengan stakeholder yang professional di bidangnya. Sebanyak 40 persen pemuda telah lahir melalui pelatihan ini."Untuk pemuda yang ingin bergabung dengan pelatihan ini, syaratnya para partisipan wajib memiliki produk, berusia 16-30 tahun karena masih dalam usia produktif. Kami bekerja sama dengan beberapa event yang cukup menyedot animo para anak muda seperti Sunday Market sebagai lahan pamer produk hasil pelatihan. Dengan cara seperti itu, diharapkan bisa mempermudah pemasaran para wirausaha muda ini," imbuh pria kelahiran Ambon ini.

Di tahun kedepan, target untuk mencipatakan wirausaha muda juga dipastikan akan naik menjadi 50 persen. Kenaikan tersebut juga tergantung minat dan bakap para anggota pelatihan wirausaha ini sendiri.  Nantinya, ketika brand tersebut sudah dikenal oleh masyarakat, Pemkot Surabaya juga berusaha melindungi merek dagang dengan cara membantu pendaftaran merek dagang melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian.  (pan)






Comments

Popular posts from this blog

Tahun Depan, RS BDH Dilengkapi Fasiltas Medician Nuklir

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di Surabaya hanya ada di RSU Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota Surabaya. "Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga Surabaya tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini," kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10/2019). Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payu darah tahun 2018 mencapai 5.63

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

Dampak Cuaca Ekstrem, Dewan Desak Pemkot Monitoring Seluruh Papan Reklame

Mediabidik.com - Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada tim reklame pemkot Surabaya, supaya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan seluruh papan reklame di Surabaya. Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem. "Monitoring itu untuk mengetahui papan reklame yang tidak berijin atau masa berlaku ijinnya sudah habis" jelasnya disela acara pertemuan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya di gedung baru DPRD Surabaya, Selasa (07/01/2020). Thoni menegaskan Satpol PP harus tegas melakukan penertiban terhadap papan reklame yang ilegal itu. "Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berijin" tegasnya. Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar ini menekankan, kalau penertiban itu perlu dilakukan, pasca peristiwa pohon tumbang yang mengakibatkan 2 korban meni