Ads (728x90)

Delegasi peserta COCI dikebun bibit Wonorejo
SURABAYA (Media Bidik) - Sekitar 52 delegasi dari ASEAN Committee on Culture and Information (COCI), pagi (11/11) tadi melakukan penanaman 15 bibit pohon di Kebun Bibit Wonorejo, Surabaya. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan pertemuan The 50th Asean Committee on Culture & Information (ASEAN COCI) Meeting 2015 yang menjadikan Kota Surabaya sebagai tuan rumah kegiatan. Kedatangan delegasi disambut dengan nyanyian selamat datang oleh para siswa-siswi kelas satu Sekolah Dasar (SD) Pengawas II yang tampil gagah dengan mengenakan kostum pahlawan. Dengan didampingi penerjemah, beberapa perwakilan delegasi berusaha melakukan interaksi dengan para siswa-siswi, beberapa dari mereka berusaha mengabadikan momen berharga tersebut dengan berfoto bersama.

Delegasi disambut oleh Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan kota Surabaya, Chalid Buchari, dan ditemani Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Surabaya, Wiwik Widayati. Dalam sambutannya, Chalid mengatakan. Kebun Bibit Wonorejo dilengkapi dengan rumah kompos yang merupakan hasil kerja sama dengan Kota Kitakyushu, Jepang. Selain itu, Kebun Bibit Wonorejo dapat secara mandiri dalam memenuhi pasokan listriknya. "Pupuk kompos yang dihasilkan di Rumah Kompos Wonorejo sekitar 20 ton per hari. Nantinya, pupuk tersebut digunakan untuk pemupukan di taman yang ada di penjuru Kota Surabaya. Selain itu, sekitar 5000 watt dapat dihasilkan melalui pengolahan limbah sampah menjadi energi listrik, yang nantinya akan digunakan untuk mengaliri listrik di kebun bibit wonorejo," tegas Chalid.

Chalid menjelaskan, sedikitnya 500 pengujung datang ke Kebun Bibit Wonorejo tiap harinya, baik untuk penelitian atau sekedar menikmati suasana. Ia menambahkan, Fungsi Kebun Bibit Wonorejo adalah sebagai karantina bibit tanaman sebelum didistribusikan ke 73 titik taman yang tersebar di penjuru Kota Surabaya. Setelah memberikan sambutan, Chalid memberikan insturksi yang diikuti oleh ke 52 delegasi, dan secara serentak langsung melakukan penanaman 15 jenis pohon dengan menggunakan cangkul dan sekop. Dengan dibantu tim dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan, para delegasi terlihat bersemangat untuk menanam bibit pohon.

Ke 52 delegasi yang berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Sekretariat ASEAN, Serta negara sahabat seperti Malaysia, Singapore, Kamboja, Thailand, Vietnam, Filipina, Myanmar, Laos, serta Brunai Darussalam, rencananya akan mengunjungi situs Trowulan dan Candi tikus sebelum kembali ke negara asal. Sebelumnya, ASEAN COCI merupakan salah satu wadah bidang informasi dan kebudayaan di tingkat Asia Tenggara dikenal dengan nama ASEAN Committee on Culture and Information (COCI), dan merupakan komite bersama dalam organisasi ASEAN yang mengurusi masalah kebudayaan dan informasi. (pan)

Post a Comment