Ads (728x90)

Gus Ipul Orang Alim
SURABAYA (Media Bidik) - Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf  mengatakan bahwa Ponpes Al Huda telah banyak melahirkan orang-orang alim serta memiliki ilmu yang cukup. “Kita patut berbangga dan bersyukur karena Ponpes Al-Huda telah berdiri dari lebih dari 1 abad yang dikelola dengan baik sehingga melahirkan generasi yang alim,” ungkapnya saat menghadiri Hari Lahir ke 108 Ponpes Al-Huda di Sumbernangka Duko Timur Larangan, Kab. Pamekasan, Rabu (20/5) malam.

Ia mengatakan, menjadi manusia yang alim dan bijaksana tidaklah mudah. Menjadi orang alim harus memiliki bekal kemampuan ilmu yang cukup dan mengajarkannya kepada semua ummat manusia. “Guru-guru kita, kiai dan ulama patut dikatakan menjadi alim karena keilmuannya dan mengajarkan kebaikan ke banyak ummat,” ungkapnya.

Menurutnya, jika tidak bisa menjadi manusia alim, maka kita sebagai umat manusia harus mau belajar kepada orang alim. “Jika tidak bisa menjadi orang alim, setidaknya harus mau belajar kepada orang yang alim,” tegas Gus Ipul sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, Gus Ipul menjelaskan jika tidak bisa menjadi orang alim dan belajar menjadi orang alim, maka manusia tersebut harus mau mendengar. Menjadi manusia yang alim dan mau belajar tidaklah cukup, akan tetapi harus ditambah dengan mau mendengar. “Menjadi pendengar yang baik tidaklah mudah, akan tetapi ketika kita mendengar arahan dan doa dari kiai dan ulama mudah-mudahan kita salah satu yang direkomendasikan untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan kehidupan,” imbuhnya.

Di hadapan ribuan jamaah yang memadati Ponpes Al-Huda, Gus Ipul menambahkan, jika tidak bisa menjadi orang alim, belajar dan mau mendengar maka cara selanjutnya adalah dengan mencintai orang alim. “Setidaknya kita harus bisa mencintai dan menyenangi terhadap hal-hal yang baik. Sebagai manusia kita dituntut untuk selalu menyenangi orang-orang yang alim. NU Bisa lahir karena banyak orang-orang alim dari Madura terutama berasal dari KH. Syaichona Cholil dan kini terus dilanjutkan oleh Ponpes Al-Huda,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Ipul mengapresi masyarakat Madura yang terkenal tangguh serta suka bekerja keras. Orang Madura, jika pergi meninggalkan Madura untuk mencari ilmu sangat tekun hingga mendapatkannya.

Selain itu, masyarakat Madura memiliki daya tahan yang kuat dan terkenal tangguh dalam bekerja. “Saya berharap, masyarakat yang ada di Madura bisa meniru tokoh-tokoh Madura yang telah sukses merantau di kota besar, berniaga hingga menjadi tokoh agama. Orang Madura, saya akui memiliki semangat kerja yang luar biasa dan banyak tokoh-tokoh alim lahir dari Madura. Semoga kelak, bisa lahir generasi-generasi muda dari Pulau Madura yang kelak akan menjadi pemimpin bangsa,” pungkasnya yang diamini oleh ribuan santri dan masyarakat sekitar Ponpes Al-Huda. (Wem)