Skip to main content

Surabaya yang Elok, Mandiri dan Sehat " Green and Clean"

walikota meninjau
SURABAYA (Media Bidik) - Untuk mempercantik kota Surabaya dalam program Green and Clean Pemerintahan Kota (Pemkot) Surabaya bekerja sama dengan berbagai pihak dalam upaya untuk menata dan lebih memperindah wajah kota Surabaya. Bukan hanya taman, namun juga upaya menyeluruh hingga ke dalam kampung dan perumahan.  Kali ini, dalam usahanya meghadirkan kampung dengan lingkungan bersih, sehat dan mandiri dalam mengolah limbah dan perencanaan santisasi rumah tangga. Pemkot menggandeng Jawa Pos, Campina dan MPM Honda dalam menggelar acara Kompetisi kampung bersih Green and Clean 2015.

Acara yang diresmikan sekaligus dibuka oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Graha Tirta lantai 5 Kantor Pusat PDAM Surya Sembada Surabaya, hari ini (26/5), kini bertajuk Surabaya Green and clean, Surabaya Emas. Acara yang dihadiri oleh kader lingkungan beserta jajaran Muspida seluruh Surabaya ini, turut mengundang Area Sales manager East java Tri Budiarto, dan Perwakilan dari MPM Honda.

Koordinator wilayah Surabaya Pusat sekaligus fasilitator, Herlina mengatakan, "tahun kemarin, walaupun hanya terdiri 4 kecamatan. Kita berhasil mendapatkan dua peringkat best of the best. Harapannya di tahun ini, kita ingin peserta yang mewakili tiap wilayah agar lebih meningkat, terjadinya sinergi lebih dari jajaran lurah dan camat. Untuk wilayah pusat, harapannya agar kami tetap optimis bisa meraih penghargaan lebih dari tahun kemarin".

Kriteria peniliaian lomba pada tahun ini meliputi, kesehatan dalam pengeloalaan sanitasi, kebersihan dan keindanhan kampung dalam segala aspek, program yang dimiliki dalam meningkatakan, mempertahankan, mengembangkan, kebersihan, keindahan kampung, serta menciptakan kampung yang sehat dan produktif. Selain itu, kampug tersebut juga dinilai keberhasilannya dalam menciptakan kader lingkungan yang berpotensi.

Menurutnya apabila kota terlihat bagus dan indah, maka datangnya pemasukan wisatawan melalui pajak, dapat digunakan untuk pembangunan dalam sektor kesehatan, pendidikan dan yang lainnya. Ia juga menginginkan agar sampah tidak lagi terlihat di setiap sudut lingkungan perumahan, serta terus terjadi sinergi antara fasilitator lingkungan dengan lurah dan camat setempat.

"jika sampah yang masuk ke tpa semakin sedikit, saya bisa memberikan kesejahteraan lebih bagi seluruh rakyat surabaya," tegas Risma. Dalam sambutannya, Risma mengingatkan kepada seluruh jajaran muspida agar tetap menjaga kebersihan di setiap lingkungan agar setiap daerah bebas dari Demam Berdarah.

Walikota juga berterima kasih kepada seluruh jajaran muspida serta kader lingkungan yang sudah memulai aktifitas mempercantik Kota Surabaya, ia juga berharap jika aktifitas ini bisa berguna bagi seluruh warga kota Surabaya, terlebih kota-kota lain. "Kota Surabaya bisa jadi besar kalau kita semua bergerak," Tutupnya dalam sambutan.

Panitia mengatakan bahwa, pendaftaran bisa dilakukan di lima wilayah Surabaya, Yakni, Kelurahan Banjar Sugihan (untuk wilayah Surabaya Barat), Kelurahan Bibis Karah (Surabaya Selatan), Kelurahan Perak Utara (Surabaya Utara), Kecamatan Gubeng (Surabaya Timur), dan Kecamatan Simokerto (Surabaya Pusat).

Perlombaan juga dibagi dalam empat kategori peserta, kategori pemula, berkembang, maju dan jawara. Dalam menilai setiap daerah, tim akan melibatkan sejumlah dewan juri dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Dinas Kesehatan, Badan Lingkungan Hidurp, Dinas Pertanian, Badan Lingkungan Hidup, LSM Lingkungan, Serta Akademisi.(pan)

Popular posts from this blog

Tahun Depan, RS BDH Dilengkapi Fasiltas Medician Nuklir

SURABAYA (Mediabidik) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan desain dan konsep fasilitas kedokteran nuklir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH). Bahkan, pemkot sudah menargetkan tahun 2020 nanti, rumah sakit itu sudah dilengkapi fasilitas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan menurut data selama ini, pasien-pasien yang membutuhkan penanganan selalu keluar kota, terutama pasien penyakit kanker. Sebab, di Surabaya hanya ada di RSU Dr Soetomo. Makanya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinkes untuk menyediakan fasilitas kedokteran nuklir ini demi warga Kota Surabaya. "Itu lah mengapa kita buat kedokteran nuklir ini, supaya warga Surabaya tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan pelayanan ini," kata kata Feni-sapaan Febria Rachmanita saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (23/10/2019). Menurut Feni, jumlah pederita penyakit kanker payu darah tahun 2018 mencapai 5.63

Dalih Partisipasi Masyarakat, SMAN 8 Surabaya Wajibkan Siswa Bayar Uang Iuran Rp 1,5 Juta

Mediabidik.com - Berdalih iuran partisipasi masyarakat (PM), SMAN 8 Surabaya wajibkan siswa bayar uang iuran pembangunan sekolah sebesar Rp 1,5 juta. Jika tidak membayar siswa tidak dapat ikut ujian. Hal itu diungkapkan Mujib paman dari Farida Diah Anggraeni siswa kelas X IPS 3 SMAN 8 Jalan Iskandar Muda Surabaya mengatakan, ada ponakan sekolah di SMAN 8 Surabaya diminta bayar uang perbaikan sekolah Rp.1,5 juta. "Kalau gak bayar, tidak dapat ikut ulangan," ujar Mujib, kepada BIDIK. Jumat (3/1/2020). Mujib menambahkan, akhirnya terpaksa ortu nya pinjam uang tetangga 500 ribu, agar anaknya bisa ikut ujian. "Kasihan dia sudah tidak punya ayah, ibunya saudara saya, kerja sebagai pembantu rumah tangga. Tolong dibantu mas, agar uang bisa kembali,"ungkapnya. Perihal adanya penarikan uang iuran untuk pembangunan gedung sekolah, dibenarkan oleh Atika Fadhilah siswa kelas XI saat diwawancarai. "Benar, bilangnya wajib Rp 1,5 juta dan waktu terakh

Dampak Cuaca Ekstrem, Dewan Desak Pemkot Monitoring Seluruh Papan Reklame

Mediabidik.com - Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada tim reklame pemkot Surabaya, supaya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan seluruh papan reklame di Surabaya. Monitoring dan evaluasi itu penting dilakukan untuk mengantisipasi papan reklame yang roboh akibat cuaca ekstrem. "Monitoring itu untuk mengetahui papan reklame yang tidak berijin atau masa berlaku ijinnya sudah habis" jelasnya disela acara pertemuan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya di gedung baru DPRD Surabaya, Selasa (07/01/2020). Thoni menegaskan Satpol PP harus tegas melakukan penertiban terhadap papan reklame yang ilegal itu. "Kami mendesak Satpol PP potong reklame ilegal. Kami banyak menerima informasi masyarakat akan keberadaan papan reklame yang tidak berijin" tegasnya. Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar ini menekankan, kalau penertiban itu perlu dilakukan, pasca peristiwa pohon tumbang yang mengakibatkan 2 korban meni