Ads (728x90)

SURABAYA(Media Bidik) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya yakin pada tahun 2015 dapat memenuhi seluruh kebutuhan kapasitas air untuk masyarakat Surabaya. PDAM akan membuat progam - progam khusus untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Direktur Utama PDAM Surya Swasembada Kota Surabaya, Ashari Mardiono mengatakan, ada tiga langkah untuk mencapai kebutuhan masyarakat. Mulai dari kondisi makro, artinya banyak indikator yang trenya dalam melayani peningkatan terhadap konsumen PDAM pada tahun 2014 sangat baik.

Pada tahun 2014, lanjut Ashari, PDAM Kota Surabaya pelangganya mencapai 526.690 juta orang atau (92,5 persen) dan untuk target pada tahun 2015, dirinya menegaskan harus bisa mencapai 95 persen pelanggan. Hal itu dibuktikan dengan mendapatkan beberapa gelar pada tahun 2014 ini.

"Kalau 2013 untuk kapasitas airnya mencapai 204 juta meter kubik, 2014 ini, hanya sampai november mencapai 195 meter per kubik, dan sampai desember sudah lebih dari 210 juta meter per kubik. Per harinya orang Surabaya dalam memakai air  mencapai 180 meter per kubik per harinya," paparnya.

Ashari mengakui, dalam setiap tahunya jumlah kebutuhan kapasitas air di Surabaya bertambah. Hal itu disebabkan, karena banyaknya populasi penduduk yang ikut berkembang setiap tahunya. Namun dirinya yakin, PDAM Kota Surabaya akan lebih bekerja lebih giat untuk memuaskan seluruh pelanggan.

"Tidak dapat dipungkiri kebutuhan air itu perharinya tambah, kan penduduknya bertambah. Tapi kami juga akan meningkatkan mutu pelayanan kami. Misalnya tahun 2014 ini PDAM bisa menambah jaringan pelayanan air seperti pipa sebanyak 112 sampai 225, dengan jarak 110 Kilo meter. Kita juga sediakan layanan alternatif seperti, pembayaran online,"tuturnya.

Ashari berharap kepada seluruh penduduk di Surabaya agar lebih bisa mengehemat pemakaian air. Sebab dengan penghematan air maka seluruh masyarakat Surabaya yang belum teraliri air, nantinya akan bisa teraliri jika setiap masyarakat melakukan pengehmatan.

"Kalau masyarakat bisa sedikit tidak boros dalam penggunaan air itu akan banyak manfaatnya. Selain menghemat uang, juga bisa menghemat Sumber Daya Alam (SDA), karena kebutuhan air di kota surabaya mencapai 180 liter per orang, dan tahun 2014 ini kapasitas airnya mencapai 214 meter per kubik,"pungkasnya
.(Topan)