Ads (728x90)




SURABAYA(Media Bidik) -10.484 Satuan Petugas (satgas) Lapangan yang selama ini berperan besar dalam menjaga kebersihan dan keindahan kota Surabaya, tumplek blek di halaman Taman Surya, Minggu (14/9). Mereka bersuka ria merayakan Pesta Cak Koen yang rutin digelar oleh setiap tahun. 

Pesta Cak Koen memang khusus diperuntukkan bagi para pekerja operasional di Kota Surabaya. Mereka terdiri dari pasukan kuning, pasukan hijau, pasukan biru, petugas pungut sampah, petugas dinas pematusan, penjaga makam, dan juga penjaga rumah pompa.

Sejak pukul 06.00 wib mereka sudah berkumpul di taman surya. Ada yang mengajak keluarga, datang sendiri bersama teman sejawat. Pemkot juga menyiapkan hiburan musik untuk mereka. Pesta tersebut sangat meriah para petugas ini bergoyang dengan iringan musik dangdut, serasa beban mereka selama bertugas hilang. 

Tak hanya hiburan musik, Pemkot juga menyediakan ratusan hadih door prize. Jika beruntung mereka bisa membawa pulang hadiah sepeda motor, kasur, sepeda angin, kipas angin, dan masih banyak hadiah lainnya. 

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini  dalam sambutannya mengatakan, acara tahunan ini merupakan bentuk apresiasi kepada mereka-mereka yang selama ini telah berjasa menjaga Kota Surabaya jadi lebih bersih, indah, tidak banjir, lansia gakin bisa dirawat, dan lainnya. 

"Saya tahu tugas mereka dilapangan sangat berat. Tanpa peran mereka Surabaya tidak mungkin bisa mendapatkan berbagai penghargaan dari segala bidang. Ada salah satuj dari satgas yang sampai terkena titanus. Kita sekarang juga sudah punya satgas perbaikan gedung sekolah dan kantor pemerintahan yang rusak. Jadi, diharapkan tidak ada lagi sekolah rusak di Surabaya," ucapnya. 

Risma juga mengingatkan agar para pekerja operasional terus bekerja dengan baik, disipilin dan tepat waktu dalam menjalankan tugasnya.  "Saya mengingatkan, tolong kalau kerja tepat waktu. Karena kalau kerja kalian baik, maka akan banyak pihak yang perhatian ke kita. Yakinlah Tuhan tidak menutup mata. Kalau kalian kerjanya baik, maka yang bantu akan senang," tegas Risma. 

Bersamaan pesta cak koen, Pemkot Surabaya juga mengumpulkan anak-anak dari satgas di kediaman walikota. Anak-anak satgas yang masih bersekolah diberikan beasiswa oleh Wali Kota. Pemberian beasiswa ini diberikan agar anak-anak tersebut bisa fokus belajar. Beberapa lalu, ada dua anak satgas yang telah menerima beasiswa, sekarang mereka menempuh pendidikan di Universitas Airlangga. 
"Saya ingin mengingatkan tidak ada yang tidak mungkin selama kita berusaha dan  bekerja keras. Jangan pernah merasa rendah diri, minder, dalam melakukan sesuatu. Pastinya orang tuanya bangga melihat anaknya bisa kuliah di UNAIR," tukasnya. (Topan)