Ads (728x90)




JAKARTA - Sejak beberapa tahun lalu, air kelapa memenuhi rak-rak penjualan minuman di banyak swalayan. Menurut para ahli nutrisi, air kelapa mempunyai beberapa manfaat bagi tubuh.

Minuman yang berasal dari kelapa muda hijau ini kaya akan potasium dan antikosidan. Dibanding minuman soda atau minuman olahraga lainnya, air kelapa relatif lebih rendah kalori dan gula.

Meski demikian, para ahli mengatakan tak seharusnya air kelapa mengganti fungsi air putih sebagai sumber utama jika kita kekurangan cairan.

"Air kelapa adalah pilihan minuman lain yang memang menawarkan sejumlah manfaat nutrisi," kata Allison Massey, ahli diet di Mercy Medical Center di Baltimore, seperti dikutip situs LiveScience edisi 17 Juni 2014.

Misalnya, ujar dia, air kelapa merupakan sumber potasium serta sedikit sodium, magnesium, kalsium, dan fosfor.

Meski demikian, para ahli mengingatkan bahwa air putih biasa seharusnya tetap menjadi sumber untuk minum dan bisa dikombinasikan dengan air kelapa sebagai pilihan minuman tambahan dari waktu ke waktu.

"Secara umum, air putih seharusnya tetap menjadi minuman wajib jika kita merasa kehausan," ujar Massey.

Penelitian sebelumnya menunjukkan 12 ons air kelapa mengandung lebih banyak potasium ketimbang pisang. Air kelapa juga mengandung lebih banyak potasium dibanding minuman olahraga seperti yang beredar di pasar.

Jumlah 12 ons air kelapa mempunyai 690 mg potasium sementara 12 ounce minuman olahraga pengganti cairan tubuh mengandung 140 mg magnesium.

"Manfaat potasium membantu untuk mengurangi kram otot yang kemungkinan terjadi setelah olahraga," kata Chhandashri Bhattacharya, dosen kimia di Indiana University Southeast di New Albany, yang meneliti air kelapa.

Ketika merasa haus, air kelapa bisa menjadi pilihan bagus bagi sebagian orang, tapi tergantung jenis olahraga yang dilakukan. "Tergantung pada individu dan intensitasnya, juga lamanya aktivitas," tutur Massey.

Menurut Massey, air kelapa yang tidak diberi pemanis mengandung sekitar 40 kalori per 8,5 ons sajian. "Mempunyai 40 kalori dalam minuman bukan hal yang mustahil," kata Kristin Kirkpatrick, pakar diet di Cleveland Clinic.

Air kelapa hampir tidak mengandung lemak dan lima kali lebih baik dibanding soda regular yang mengandung lebih banyak kalori dan gula.

Namun baik Kirkpatrick maupun Massey mengingatkan bahwa air kelapa adalah sumber kalori yang mengandung 3.500 ekstra kalori yang memungkinkan kenaikan berat tubuh.

Menurut Kirkpatrick, mengkonsumsi air kelapa sebenarnya tidaklah begitu penting untuk kesehatan. Namun elektrolitnya kemungkinan bermanfaat, terutama saat tubuh berkeringat sangat banyak.(tempo)