Ads (728x90)

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) nanti malam akan melaksanakan debat pertama pasangan calon Pilpres 2014. Tema debat kali ini adalah pembangunan demokrasi, pemerintahan yang bersih dan kepastian hukum.

Debat pertama dari lima kali yang akan dihelat itu akan menghadirkan pasangan capres-cawapres lengkap, yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Jika melihat dari peserta debat yang ada, cuma Hatta yang belum berpengalaman dalam debat kandidat. Sementara tiga peserta lain mempunyai pengalaman berdebat sebagai tahapan untuk meraih jabatan publik.

Prabowo pernah mengikuti debat saat menjadi cawapres di Pilpres 2009. Saat itu mantan Danjen Kopassus tersebut berpasangan dengan capres Megawati Soekarnoputri.

Sementara Jokowi pernah mengikuti debat kandidat saat menjadi calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilgub 2012 silam. Bersama pasangannya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Jokowi bahkan mengikuti debat hingga pilgub putaran kedua, sampai akhirnya berhasil mengalahkan pasangan incumbent Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.

JK adalah yang paling berpengalaman mengikuti debat kandidat. Pria asal Makassar ini pernah mengikuti semua debat capres-cawapres yang pernah dilakukan di republik ini.

Pada pilpres pertama 2004, JK hadir dalam debat sebagai cawapres dari capres Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sementara pada Pilpres 2009, JK tampil sebagai capres bersama cawapresnya, Wiranto. Saat itu, JK sempat menyita perhatian publik karena berbicara meninggalkan podium, sesuatu yang di luar kebiasaan pada kontestan debat kandidat.

Hatta adalah yang belum pernah sama sekali merasakan panasnya panggung debat kandidat. Ini semata-semata karena ketua umum PAN tersebut belum pernah menjabat jabatan publik lewat pemilihan umum.

Sebagaimana diketahui, karier jabatan publik Hatta selama ini adalah sebagai menteri, jabatan yang ditunjuk presiden berdasarkan hak prerogatifnya.

Namun tak pernah ikut debat kandidat, bukan berarti besan Presiden SBY ini tak berpengalaman berdebat. Pengalamannya sebagai aktivis mahasiswa ITB dan kiprahnya di birokrasi tentu modal penting baginya untuk tampil pertama kali dalam debat kandidat.

Bahkan, mantan Menko Perekonomian itu mengaku sangat siap menghadapi debat capres-cawapres sebentar malam ini. Siap, sangat siap, tegas Hatta belum lama ini.(Merdeka.com)